Langsung ke konten utama

Drama menyapih hanansah ( menyapih bawang putih)

Hello buibuk mak mamak welkombek tu mai blog. Hehe sesuai judulnya yaa kali ini aku mau nulis drama yang aku alamin ketika menyapih putri semata wayang aku Hanansah. Dari dulu emang bercita cita banget yaa kalo menyusui sampe 2 tahun aja gengs. Gak kurang gak lebih juga. Biar apa? Biar gantian sama bapaknya huakakakakak. Di pas in jatahnya aja 2 tahun. Hanan biar bisa lebih nyenyak bobo malemnya, gak kebangun cuma gara-gara buat nenen doang dan tentunya aku nya pemirsaahh yang bisa terlelap manja sampe besok pagi tanpa adanya interupsi nenenin bayik pas lagi mimpi indah. Gak kepotong jadi beberapa episode mimpinya, kentang gitu. 😂


<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3641479168648204"
     crossorigin="anonymous"></script>

Okay menilik si anak yang kayaknya secara mental harusnya udah siap disapih dan sudah mulai paham berkomunikasi, sounding2 sudah dilakukan waktu matanya melek dan merem. Its time to menyapih. Inilah saatnya. Tapi yang paling penting selain si anak udah 2 tahun dan sudah siap sapih adalah si emak. Emak...? How are you? Sudah siapkah kamu melepas moment menyusui gegoleran sambil scrol2 instagram atau shopee yang meskipun cuma masukin keranjang aja tapi gak checkout checkout ? Hahaha. Mental ibunya harus siap menyapih lahir batin. Kalo belum siap nanti akan terjadi perang saudara antara otak dan hati kala si anak meronta pengen nenen pas di sapih. Disinilah iman seorang embok akan diuji.

Kedua hal penting di atas adalah bahan dasar cara menyapih. 😂.kalo bahannya udah siap yaaa lanjooot. Tinggal monggo mau disapih dengan cara apa. Mau WWL(ove) atau WWL(ie) terserah yaa buibuk. Kalo wwlove saya udah angkat tangan. Menyapih dengan cara perlahan lahan, di jarang jarangin atau di sedikitkan waktu nenennya. Teori ini sama sekali gak masuk buat hanansah. Yang ada dia malah lebih sering nenen. Gatot pasti yaa. Ini hipotesis aku aja sih dari hasil pengamatan terhadap bayik sendiri. Hanan itu anak yang kalo aku bilang dia anak yang harus sesuai SOP. Hahahah. Sesuatu harus pada semestinya. Gak boleh mencong sedikit, salah sedikit dsb. Jadi menurut aku kalo aku bikin aturan buat dia yaa harus tegas gitu, gak bisa ya ya gak gak.  Kalo aku masi menye-menye, kayaknya pelajaran tentang menyapih ini gak akan sampai ke hanan dengan baik. Entah dia akan bingung sama aturan main nya atau gimana. Maka dari itu aku putuskan menyapih nya yaaa pake wwlie aja. Boong dikit tapi tegas maksudnya gess biar anaknya gak bingung.l

Hanansah lahir 30 Desember 2016. Usianya sekarang sudah 2 tahun lebih beberapa hari. Sudah boleh dong yaa eksekusi sapih ini dimulai. Dari awal januari 2019 sudah memikirkan pake apaan yaa biar dia gak nenen lagi. Si bapak sebagai support system ini udah mendukung (mungkin kayak nunggu giliran maksudnya atau bagaimana wkwkkw) tapi entah kenapa hati masih maju mundur. Ya udelah yaaa kita ikut saja gimana cerita hati ini sampai siap daripada aku paksain dan gatot tengah jalan gak lucu coy, remidi menyapih pusing gue. Sampai pada suatu hari tgl 14 januari 2019nih tiba2 terbesit untuk bilang baik2 sama hanan:
Dek, sini bunda mau bilangin hanan. Hanan kan skr sudah besar, sudah bukan bayi lagi, sudah tiup lilin ulang tahun. Mulai sekarang hanan jangan nenen lagi yaaa.... nenen kan buat adik bayi aja. Bunda sayaaang sama hanan. Nanti kalau hanan mau tidur bunda kelonin atau bunda gendong yaaaa. Dia langsung autopeluk aku dan mewek. Sedih yaa... tapi seneng juga sih artinya dia ngerti dan paham apa yang aku omongin.

Setelah mainan aku seperti biasa nyambi masak di dapur. Eh tiba2 terpikirkan rasa bawang putih. Pas banget si hanan mo nenen, langsung deh itu bawang putih aku potong dan ku olesin di nenen. Aku bilang ke hanan dek ini nenen bunda udah gak enak lho, minum susu strawberry aja yuk... Gak...nenen aja. Baiqlaahh. Kusodorkan seperti biasanya dan reaksinya..... Langsung di lepas, gak enak mau yang satunya. Trus di enyot sebelahnya, gak enak juga dan dia langsung nangis kayak toa masjid. Aku peluk dan dia juga memelukku,sedih memang yaaa tapi ini kan bagian dari proses tumbuh. Tumbuh memang sakit tapi setelah tumbuh pasti jadi lebih baik. Akhirnya aku gendong jarik hanannya, ku timang timang, aku bilang sayang sayang, aku jelasin ini karena bunda sayang hanan dan dia tetap menangis. No problemo anakku, bunda udah menyiapkan mental untuk hal ini, silahkan luapkan emosimu nak, sebentar lagi kita pasti berhasil.

Hari itu sepanjang hari dia gak tidur siang, tiap kali ngantuk dia cari nenen dan keinget nenennya gak enak lagi mukanya langsung sedih. Kadang mewek gitu tapi udah gak kayak toa lagi. Nangis nya pelan pelan. Setelah lupa yaa mainan lagi.begitu seterusnya. Tiap inget nenen ndusel aku,aku tanya, hanan mau nenen? Dia gelemg2lalu mukanya sedih trus peluk aku....

Sampai pas abis mandi sore, hanan uda mulai rewel karena ngantuk, aku gendong lagi pakai jarik sambil aku suapin nasi sop. Baru 4 suap matanya uda merem pemirsah. Ngantuk berat. Langsung ku rebahin di kasur dan langsung pules aja bobo nya. Alhamdulullah siap siap begadang nih nanti malam.

Hanan kebangun sebelum magrib, pengennya sih nenen waktu itu yaa tapi karena uda gak boleh dan ini harus tegas yaa kita lanjutin aja dramanya. Hanan nangis pengen nenen, aku peluk dulu tuh ya si bocah, lalu aku tanya baik2, hanan mau nenen? Sambil nangis dia geleng2, mungkin dia galau, semacam orang diputusin pacar pas lagi sayang sayangnya... Hahahhaha sakit. Dibujuk bujuk sambil liat kartun dan dipeluk peluk sampe lupa sama nenen akhirnya kembali ceria lagi, mainan lagi dan makan bakso pake mie biar doi makin seneng dan sadar kalo di dunia ini bukanlah nenen yang paling enak, tapi banyak makanan lain yang lezat dan dia bisa coba.

Okay malam semakin malam dan hanan belom bisa tidur lagi. Sudah jam sepuluh malam, mulut nguap nguap mata sepet tapi hanan belum bisa tidur, mungkin bingung mau tidur dengan cara gimana. Selama ini dari dia hadir ke dunia pengantar tidurnya adalah nenen. Dan sekarang dia harus lepas dari nenen. Beberapakali hanan nunjuk mau ke kamar,mau bobok, hanan ngantuk katanya, sampai kasur peluk2 sebentar dan lompat2 tadaaaaa hilang deh tuh ngantuk aku rasa wkkwkwk. bosan lompat lompat balik lagi ke ruang tengah, nonton tv. Nonton sampai ngantuk minta ke kamar daannn mainan lagi, begitu aja dek sampe besok wkkwkw. Sampai jam sebelas malem mungkin uda ngantuk banget tapi hanan masih belum bisa merem nangis lah dia haa, di gendong udah belingsatan di kasur ga bisa tidur, minta nenen lagi. Mau nenen manis... Huaaaa huaaaaa nangis kayak toa. Hmmm... Kudu kuat iman ini. Sambil gendongan jarik ku remes2 bawang putih lagi, sambil buka oles dikit lah ke puting hahaa daann begitu dia emut, huaaaa nangis lagi, minta minum air putih aja huhuu kasian yaa. Baiqlaaahhh sini sayang bunda timang timang, sampai tertidur. Ga bisa bisa tidur juga, sudah sepet maksimal itu si mata dia minta ke kasur. Sampai kasur minta garuk2 katanya gatel, entah apa yang gatel, aku elus elus aja dan akhirnya teridur juga Alhamdulillah

Malam itu hanan kebangun sekali, entah jam brp, aku peluk hanan, aku ambil botol minumnya,kutawarin air putih, dia langsunf ingat kalau gak boleh nenen lagi. Mukanya sedih lalu peluk aku lagi sambil boboan, abis itu balik badan dan .... Dia bobo lagi. Aku seneeeengggg banget rasanya. Hanan... Ailafyuu

keesokan paginya, hanan bangun jam 5.30. biasanya jam segini bangun cuma buat nenen malas malasan sampai bobo lagi dan bangun jam 7 atau 8. Karena gak boleh nenen lagi, galau lah yaaa. Nangis aja, minta gendong, dan tidur di gendongan.

Siang hari kedua sudah mulai gak rewel kayak pertama. Bobo siang pun tertib jam 11 udah bobo di gendong jarik. Tidurnya pules, tanpa interupsi juga. Bangun jam 2. Ulalaaaa senangnyaaaa

Bobo malem hari kedua gak drama drama banget, sudah mulai paham sama kondisinya sekarang. Hanan masih bolak balik kasur dan ruang tv, kali ini berhasil bobo tanpa nangis, meskipun masih harus gendong jarik. Tak apa sayang. Demi kamu bunda kuatkan pundak dan boyok ini 😂. Berita gembiranya Bobo malem ini tanpa interupsi. Jadi aku hanan dan papah bisa bobok hingga deepsleep. Nyenyak, enak. Setelah 2 tahun akhirnya aku bobok malam enak juga yaa wkwkkwkw. Yeayyy.....

Hari ketiga bangun jam 5 pagi. Sudah gak nangis, tapi masih ngantuk, jadinya minta gendong saja, dan bobo lagi di gendongan. Bobo siang telat nih mulai bobo jam 12.30 gendong jarik juga, bobo tanpa interupsi, bangun jam 3 sore, gak nangis, minta gendong dan bobo lagi di gendongan, lalu dipangku karena bunda bisa sambil nonton dan scroll scrool berita gak penting wkwkkw. Bangun lagi jam 4 tanpa drama.

Malamnya karena si papah ngajak jalan yaaa kita ke JCM yang deket dari rumah. Udah deg deg ser nih batinku gimana nanti nasibku di mobil, akankah hanan bilang minta nenen? Ternyata TIDAK.... Dia anteng aja, kayak uda lupa aja sama mantannya hahahhaa. Dia senang hati liat sana sini, dipangku ya diem aja gak merengek atau gimana gimana. Sampai mall Jalan jalan beli makanan kesukaan hanan, sampai cape kami pulang. Seperti berangkatnyabtadi, hanan pulang dengan hati gembira juga, kali ini ditambah nguap nguap, minta minum dan ...... Tidur dipangkuan tanpa nenen. Aaahhhhh.... Damainya naik mobil malam itu. Aku jadj terharu, hanan bisa sehebat ini. Dia orang yang tegas sama dirinya sendiri. Bagus nak, kamu wanita yang punya prinsip. Teruslah tumbuh jadi wanita yang hebat dan yang happy ya nduk cah ayu. Terima kasih. Kamu menginspirasi bunda. Sekarang kamu bukan bayik lagi, kamu anak-anak. Tumbuh yang sehat yaaa... Terima kasih ya Alloh engkau mudahkan dan lancarkan menyapih hanansah, terima kasih papah, sang support system. Ailafyuuuu ... Terima kasih doa doa untuk kami. Semoga Alloh membalas kebaikanmu muaahhh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

hello Hanansah

30 Desember 2016 adalah hari yang bersejarah buatku, buat Hanansah, buat suamiku. Hari dimana kami mendapat sebutan baru,papah, bunda dan keluarga kecil kami. well aku cerita dari awal yaa. aku termasuk ibu hamil yang aktif. sampai 2 hari sebelum lahiran pun masih terima order makeup, nyetir sendiri pula haha. aku ibu hamil yang masih suka belanja sendiri, pernah waktu itu ke pasar beringharjo sendiri dengan perut segede semangka, soalnya uda 9 bulan, dan santaiiiii. Dengan tentengan kardus berderet di tangan kanan dan kiri, sampai dilihatin orang orang, ditawarin ibu-ibu jasa angkut juga, but ini gak masalah gaes karena yang aku bawa ini isinya cuma sanggul yang sangat enteng, bentukannya aja yg sealaihim gambreng. selain cuma keluyuran aku juga ibu hamil yang suka enam hamil. Aku senam di RS Panti Rapih tiap hari Rabu, sebelum senam mampir tukang bubur ayam, selesei senam mampir tukang gado gado dan tukang jus. Habis itu numpang mandi di mantan kos kosan dulu sekalian numpang ti

Im proud to be a housewife

helaaww, wellcome back to my blog. seperti biasa yaaa blog aku ini cuma jadi sarana untuk buang sampah kata2 dari otak dan hati kecilku ini. hahaaa. Sungguh tidak berfaedah sebenarnya untuk membacanya yaaaa drpd buangnya di medsos kan jadi sampah feed nanti. bisa jadi ..bisa jadi kaan. kali ini aku mau curhat ttg menjadi seorang housewife. Curhatan yaa buibuk, bukan rumpikan buibuk sama kang sayur wkwkwkw. Apa sih yang dibanggain jadi ibu rumah tangga doang? Ibu rumah tangga yg cuma masak, nyapu, ngepel, momong bocah dan kucel bersama daster atau piyama lengkap dengan ventilasi untuk menambah sejuknya badan ini? Ibu rumah tangga macam aku nih biasanya mengawali hari dengan dibangunkan sama pak suamik, towel2, buat apa? Buat sholat subuh coy, 😋. Dan tau gak rasanya gimana rasanya dibangunkan pas subuh itu? Beehh kok udah pagi lagi sih? Kok harus sudah berkegiatan lagi? Dengan berat langkah dan mata belum sepenuhnya melek pergilah aku ke kamar mandi dan wudhu. Sholat. Habis itu yaa t